Pages

Saturday 18 February 2012

Kesan Dan Keburukan Peluh Berlebihan

Berpeluh setelah melakukan aktiviti fizikal atau olahraga adalah hal yang wajar. Tetapi apa jadinya jika Anda berpeluh justru ketika tidak melakukan aktiviti dan sedang santai?


Jika Anda menderita masalah peluh berlebih, maka Anda tidak sendirian. Sekitar 2 peratus dari populasi dunia menderita gangguan yang disebut hiperhidrosis atau istilah keadaan perubatan untuk berpeluh berlebihan. Ini adalah keadaan di mana beberapa bagian tubuh berpeluh lebih banyak dari keperluan fisiologis tubuh.
Umumnya, berpeluh adalah penting dan proses semulajadi pada tubuh. Berpeluh dapat membantu dalam mengendalikan tingkat suhu dan air pada tubuh. Tetapi pada orang yang memiliki hiperhidrosis, mereka cenderung berpeluh berlebihan dari semua bagian tubuh seperti ketiak, tangan, dahi dan wajah.
Penyebab peluh berlebihan dapat bervariasi berdasarkan fungsional, emosional, faktor sosial dan psikologis. Keadaan ini muncul kerana sebagian dari sistem saraf simpatik, bagian otonomi dari sistem saraf, mengalami peningkatan denyut jantung, tingkat kecemasan dan tekanan darah, sehingga punca keluarnya peluh.
Meski terlihat biasa, namun Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya, peluh berlebihan dapat menjadi punca komplikasi berbagai penyakit seperti berikut ini :

Infeksi kulat kuku
Orang dengan peluh berlebihan terdedah terhadap berbagai jenis infeksi kulat. Hal ini disebabkan kulat sangat mudah berkembang dalam keadaan lingkungan yang hangat, lembab, seperti misalnya peluh di kasut. Itulah sebabnya mengapa Anda cenderung akan lebih mudah untuk mengalami infeksi pada kuku. Munculnya infeksi kuku umumnya ditandai dengan bintik putih atau kuning di bawah hujung kuku Anda. Infeksi kulat pada kuku dapat membuat kulit kuku hitam dan menebal. Bahkan pada keadaan yang lebih lanjut, kuku boleh tanggal dan kulit di sekitarnya menjadi merah dan bengkak. Tak jarang, keadaan ini juga menyebabkan sedikit bau tak enak.

Infeksi bakteria dan kutil
Hiperhidrosis dapat menyumbang terhadap infeksi bakteria, terutama di sekitar folikel rambut atau antara jari kaki. Hal ini sangat berkait dengan kemunculan kutil. Bila Anda memiliki hiperhidrosis, mungkin perlu waktu agak lama untuk menghilangkannya.

Konsekuensi sosial dan emosional
Orang dengan hiperhidrosis biasanya memiliki peluh berlebihan pada telapak tangan dan kaki. Keadaan tak jarang menimbulkan bau tidak sedap yang pada akhirnya secara signifikan berpengaruh pada psikologis, konsekuensi sosial, dan pekerjaan.

Keadaan kulit lainnya
Keadaan kulit tertentu seperti ruam kulit, terjadi lebih sering pada orang dengan hiperhidrosis. Peluh berlebihan juga dapat memperburuk peradangan kulit.


sumber:http://edisikini.com

No comments:

Post a Comment